Pertolongan Pertama pada Harddisk External yang Tak Terdeteksi pada Windows(karena Write Delayed Error)

Standar

Bismillah,

Update 27 Februari 2011: Untuk perhatian, penulis sudah tidak menggunakan sistem operasi windows lagi sekitar setahun yang lalu, sehingga pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan sistem operasi windows tidak dapat penulis jawab banyak. sekian terima kasih atas perhatiannya. mohon maaf jika pertanyaan-pertanyaan Anda tidak dapat saya jawab

Rasanya sudah lama saya tidak menulis di blog ini. Sekadar berkunjung pun tak sempat. Untuk kali ini saya akan sedikit sharing pengalaman ketika kemarin harddisk external saya tidak terdeteksi karena sempat terguncang saat melakukan penulisan data ke harddisk (harddisk external saya cukup sensitif). Selain karena masalah write delayed error mungkin juga dapat dipergunakan saat mengalami kasus serupa, yaitu harddisk ter-mount di windows tetapi data tidak dapat dibaca sama sekali datanya.

Yang perlu anda lakukan sebenarnya cukup simple. Pertama-tama, buka command prompt di windows Anda. Kemudian ketikkan pada command prompt Anda perintah sebagai berikut :
chkdsk x: /F

di mana X diganti dengan path di mana harddisk/partisi harddisk anda ter-mount di windows. Tunggu sampai pengecekan harddisk selesai, jika bukan kerusakan fisik hardware harddisk, maka insyaAllah harddisk dapat dibaca kembali.

Sekian  sharing kali ini. Semoga bermanfaat.

Update 26 November 2010:

Saya sudah tidak menggunakan sistem operasi Microsoft Windows, sehingga untuk permasalahan seperti ini saya kurang bisa mencoba kembali di windows. Jenis kerusakan yang ada artikel ini adalah di mana harddisk dapat di mount pada Windows tetapi data tidak dapat terbaca karena disebabkan adanya Write Delayed Error, mungkin dapat digunakan untuk kasus lain, tapi saya juga tidak tau bisa sukses 100% atau tidak

Untuk kerusakan yang bersifat fisik, saya sendiri tidak mengetahui bagaimana cara-cara penanganannya

Mohon maaf jika ada komentar/pertanyaan yang tidak terjawab, penulis cuma berbagi pengalaman hasil pencarian untuk menangani harddisk external milik penulis yang sempat tidak terdeteksi

sekian, terima kasih.

106 thoughts on “Pertolongan Pertama pada Harddisk External yang Tak Terdeteksi pada Windows(karena Write Delayed Error)

  1. ruhiyat

    hardisk external saya 500gb ntah belum lama ini kenapa ketika dimasukan ke cpu langsung mati computernya, kenapa ya? mohon dengan sangat penjelasannya! atau kalau tahu dimana tempat yang bisa memperbaikinya tapi data2nya bisa diselamatkan, thank jazakallah

  2. saudara ruhiyat,
    apakah seluruh komputer yang anda tancapkan harddisk external anda mengalami kejadian yang sama? ada baiknya dicoba di komputer lain terlebih dahulu. ada beberapa kemungkinan yang terjadi dengan haddisk external anda. namun, alangkah lebih baiknya jika anda mengkonsultasikannya pada orang yang lebih mengerti masalah ini. mungkin bisa dengan membawa ke tukang service.
    solusi lain yang mungkin dapat anda coba: gunakan konektor lain ke komputer anda. jika dengan konektor lain tersebut tidak ada masalah, kemungkinan yang bermasalah ada di konektor lama anda.
    jazakallah

  3. maaf mas mau tanya nie….
    hardisk internal saya di biosnya terbaca, namun kapasitas hardisknya jadi o (nol). trus di windows explorernya juga tidak terdeteksi. Mohon pencerahan apakah hardisk saya bener2 rusak atau adakah cara untuk menyelamatkan hardisk saya karena banyak data2 yang penting.

    mohon bantuan pencerahannya — trims.

    martin.

    (jika berkenan mohon balasannya via email – sekali lagi terima kasih).

  4. anton

    Hello mas,
    Saya punya Harddisk external 1000GB Maxtor, sudah sekitar setahun saya bisa mengaksesnya. Tapi kemarin2 ini hardisk saya tidak terdeteksi di laptop saya maupun laptop yang lainnya. Di notification nya tertulis yg intinya hardis saya tidak terdeteksi karena bagian dari USB nya “malfunction”. Saya sudah coba ganti dengan kabel lain, tapi tetap saja tidak terdeteksi. Bagaimana solusinya? Mohon penjelasannya. Terima kasih.

  5. dee

    halo Mas…

    mau nanya, saya baru beli external hard disk 500 GB tapi kok kalo plugin pasti laptopnya hang selama 10 menit dulu baru dia bisa kebaca, emang ada program usb boostnya dari si hard disk ini tapi pas saya install ini menyebabkan laptop ga mau baca modem flash, jadi saya remove program ini. sekarang modem flash sudah normal tapi ya si hard disk ini bikin hang 10 menit tiap kali diplugin. gimana caranya biar tidak bikin hang lagi ya mas? terima kasih

    dee

Berikan Balasan

