SNMP @ a glance

Apa itu SNMP?

SNMP adalah sebuah protokol yang dapat membantu kita dalam melakukan proses network monitoring. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu SNMP (Simple Network Monitoring Protocol).

Di dalam model arsitektural SNMP terdapat sekumpulan network management station dan network elements. Network management station menjalankan aplikasi yang dapat memonitor dan mengatur network elements. Network element adalah device semacam host, gateways, terminal server, dan semacamnya yang masing-masing memiliki management agent yang bertanggung jawab untuk melakukan fungsi-fungsi network management yang diminta oleh network management station. SNMP digunakan untuk mengkomunikasikan informasi management antara network management station dan agennya di network elemen.
(terjemahan dari penjelasan arsitektur SNMP pada RFC 1157)

Sejak diciptakan pada tahun 1988 sebagai solusi jangka pendek untuk memanage elemen pada internet yang berkembang dan jaringan terhubung lainnya, SNMP telah diterima secara luas. SNMP merupakan turunan dari pendahulunya yaitu SGMP (Simple Gateway Management Protocol) dan direncanakan diganti dengan suatu solusi yang berbasis arsitektur CMIS/CMIP. Namun, solusi jangka panjang ini tidak pernah diterima secara luas seperti SNMP.

Apa tujuan dari SNMP?

Tujuan utama dari SNMP adalah meminimisasi jumlah dan kompleksitas fungsi management yang dilakukan oleh management agent itu sendiri. Tujuan kedua, paradigma fungsional untuk monitoring dan kontrol dapat cukup mengakomodasi penambahan aspek yang tidak diantisipasi dalam operasi dan management network. Tujuan ketiga adalah sebuah arsitektur yang sedapat mungkin independen dari arsitektur dan mekanisme dari host atau gateways tertentu.

2 pemikiran pada “SNMP @ a glance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s