membasmi virus Sality

Bismillah,

Pada kesempatan kali ini akan sekadar menulis pengalaman dalam mengatasi infeksi virus yang sering disebut oleh antivirus sebagai virus Sality. Virus Sality ini adalah virus yang menurut saya pribadi virus yang sangat menyebalkan karena dia menginjeksi file-file executable yang ada pada harddisk hampir tanpa ampun dan virus ini susah untuk dideteksi tanpa menggunakan antivirus. Pada saat terinfeksi oleh virus ini pun susah untuk mendeteksi gejala awal bahwa sistem operasi telah terinfeksi.

Berikut ini adalah langkah2 yang saya lakukan dalam menangani infeksi virus Sality:

  1. Pertama back up seluruh dokumen yang ada pada drive dimana terdapat sistem operasi windows anda. Yang perlu di backup hanya dokumen saja, karena hampir seluruh file executable tidak terselamatkan setelah infeksi virus Sality ini
  2. setelah proses back up data selesai, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah install ulang sistem operasi dengan memformat drive partisi dimana sistem operasi anda berada.

    mungkin anda bertanya-tanya “mengapa harus install ulang sistem operasi??”, jawabannya karena file executable windows juga terinfeksi oleh virus ini bahkan sampai antivirus pun diinfeksi olehnya. Tanpa install ulang virus ini masih dapat menginfeksi kembali karena dia telah menggandakan dirinya ke hampir seluruh file executable. Sampai saat ini saya juga masih bingung mencari solusi lain untuk menangani virus yang satu ini tanpa perlu menginstall ulang sistem operasi

  3. Setelah proses install ulang sistem operasi selesai yang pertama harus dilakukan adalah menginstall antivirus dari sumber yang belum terinfeksi. Hal ini dapat dilakukan dengan menginstall dari hasil download setelah install ulang atau dapat juga dari CD antivirus yang anda punya (jika pada backup anda terdapat installer antivirus, jangan gunakan file tersebut). Setelah itu jangan lupa update database virus dari antivirus yang anda gunakan (antivirus yang saya gunakan adalah Avira Free atau AVG Free, menurut laporan teman PCMAV belum dapat mendeteksi virus ini)
  4. Scan seluruh harddisk yang anda miliki terlebih dahulu sebelum memulai installasi aplikasi-aplikasi lain yang anda butuhkan
  5. Setelah proses scanning virus selesai, insyaAllah komputer anda telah terbebas dari virus Sality ini. pastikan install aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan dari source yang aman untuk mencegah terinfeksi kembali oleh virus ini

Setelah terinfeksi oleh virus ini saya tak pernah lagi tidak menggunakan antivirus, karena ternyata ada virus menyebalkan seperti ini yg tak kasat mata dan susah dideteksi secara manual. Yah walaupun pakai antivirus pun tetap harus berhati-hati. Kata teman saya sih kalau mau aman beralihlah ke UNIX family, bisa menggunakan varian LINUX (gratis), BSD family (gratis), maupun Apple MacOS X (berbayar).

Sekian dokumentasi kali ini, semoga dapat bermanfaat. Dan semoga saja dapat segera dapat menemukan cara lain yang lebih praktis daripada langkah-langkah ini.
Saya sadar tulisan ini masih jauh dari sempurna, dan mungkin masih terdapat banyak kesalahan di dalamnya. Oleh karena itu, jika ada saran dan kritik dapat dituliskan dalam komentar pada artikel ini.

Sekian.
Terima kasih.

Catatan: penulis saat ini sudah lama tidak mengutak-atik tentang virus komputer dan cara penanganannya. Sehingga artikel ini mungkin sudah tidak valid lagi dikarenakan perkembangan cara pembasmian virus sality ini yang dilakukan oleh antivirus-antivirus yang ada mungkin telah mampu mengenali jenis virus ini. mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. sekian. terima kasih. (9 Februari 2010)

45 pemikiran pada “membasmi virus Sality

  1. Wew, mantap nih,.
    Tapi bingung gimana mencoba implementasinya, masa harus berdo’a agar kena serangan virus ini dulu,.😀

    ya berdo’a saja agar tidak kena virus ini, karena susah mengobatinya

  2. tapi gimana kalo komputer yang kena dalam skala banyak, artinya lebih dari 15 komputer wah report juga kalo harus install ulang semuanya.

    Hiks… mungkin ada cara yang lebih pintar dari install ulang O/S nya???

    saya masih belum menemukan cara yang lebih mudah dan pintar daripada install ulang O/S-nya, jika ada yang mempunyai cara yang lebih pandai daripada ini dapat membagi pranala ke petunjuk untuk mengatasi virus ini.

    1. saya sudah pernah mencobanya. Namun, RM Sality hanya dapat bekerja baik pada sality versi-versi lama. Untuk versi virus Sality yang baru, RM Sality tidak dapat membersihkan dengan baik, bahkan hampir bisa dikatakan tidak dapat mendeteksinya.

  3. Q pernah kna viruss tu..
    mpek mumet pas ad tgs2 yg hrs d kumpul, tp prgram2 gak bisa jalan gara2 tu viruss..
    baru stelah install ulang bbrp kali baru nyadar..
    knapa gak langsung install antivirus tanpa buka folder2 yg laen dulu..
    trnyata berhasil..
    akhirN..

  4. duh maaf nih mengkritik artikel ini…. menurut saya kalo komputer di install ulang..itu mah bukan solusi…tapi adalah penyelesaian terakhir jika kompi kena virus …hiks… maaf ya saya mengkritik artikel ini….tapi thx atas informasinya😀

    1. terima kasih atas kritiknya…
      karena masih sampai sekarang belum dapat menemukan cara yang lebih baik dari cara ini.
      mungkin jika saudara mempunyai cara yang lebih baik dapat menuliskan pranalanya di sini
      hal ini juga didasari karena pengalaman sendiri dan kawan-kawan yang sudah bersusah payah install ulang namun kembali terkena virus ini
      terima kasih atas kritiknya sekali lagi… semoga virus ini dapat segera diatasi dengan lebih baik lagi
      terima kasih😀

  5. OK dech….maaf ya kritiknya…kalo gituh utk menebus rasa bersalah saya mengkritik..saya juga kasih info dikit nih…utk anti virus yg murah ( gratis ) tapi manjur…kita juga bisa gunakan nod32 …karena anti virus ini ringan dan tidak cerewet serta tidak berat…tapi lumayan canggih …cocok utk kita yg menyukai anti virus yg tidak terlalu ribet….crack nya bisa di dapat di http://www.4shared.com search ajah nod32 . selama ini aku pake ini….dan kelebihan anti virus nod32….sistem ini memiliki sistem karantina otomatis sehingga file virus yg sudah terdeteksi bisa secara otomatis di karantina serta di delete oleh nod32 . tapi…mmmhh kalo misal pakek anti virus terus masih kena juga…mending pake mesin ketik ajah …manjurr
    dan 100% aman dari virus😀 .

    1. tidak mengapa, saya dapat menerima kritik tersebut. Karena memang cara ini hanya membasmi bukan cara mengembalikan komputer seperti sedia kala tanpa install ulang setelah terkena virus ini. Terima kasih atas saran saudara, kalau boleh tolong sertakan nama dan email asli saudara pada saat memberi komentar ini.
      Hmm… saya mencoba membuka situs resmi dari nod32 dan ternyata versi gratis dari antivirus tersebut hanya dapat digunakan 30 hari. Free dalam pengertian saya adalah benar-benar free (gratis) tanpa harus melakukan cracking terhadap software yang ada. Jika sudah menggunakan crack, maka itu sudah tidak free (gratis) lagi menurut saya pribadi.
      Sebenarnya ada cara lain supaya tidak terkena virus ini. Gunakan UNIX like operating system seperti LINUX (dengan distro-distronya Ubuntu, Fedora dan lain sebagainya) atau BSD family atau OS X atau varian UNIX lainnya. yah walau tidak 100% aman, tapi setidaknya tingkatnya lebih kecil daripada menggunakan system operasi Microsoft Windows.
      Jika yang diharapkan adalah solusi yang solutif, ya tentu saja harus kembali ke keadaan semula tanpa harus melakukan installasi ulang operating system, ganti OS ke UNIX like, atau menurut saudara sampai harus menggunakan mesin ketik supaya bebas 100% dari virus. Dan saya rasa, memang saya sendiri belum dapat memberikan solusi yang solutif tersebut.
      Maaf jika artikel ini tidak sesuai yang Anda harapkan.
      Sekian. Terima kasih.

  6. kira2…
    dokumen seperti word, dan yang lainnya
    ikut rusak atau tidak ya..

    baru2 ini saya juga terinfeksi ni virus,
    repot kn klo seandainya file penting yg begitu banyak hilang gara2 ni virus…

    Minta bantuannya ya…
    Thx.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s