membuat backtrack3 bootable flashdisk melalui OS Ms. Windows

Bismillah,

backtrack logo
backtrack logo

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis bagaimana cara membuat bootable flashdisk dari liveCD distro linux backtrack3. backtrack3 sendiri merupakan distro linux security, yang merupakan gabungan dari dua distro linux security lainnya yaitu whax dan Auditor Security Collection. Backtrack telah menggantikan kedua distro ini dan terpilih menjadi distro nomor 1 Security Live Distribution oleh insecure.org . Backtrack sendiri merupakan distro linux top rated yang difokuskan untuk penetration testing. Distro ini dapat berjalan tanpa installasi, hanya membutuhkan CD-rom saja untuk dapat digunakan dan dapat diakses dalam hitungan menit. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai backtrack sendiri dapat melalui pranala ini.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja ke langkah-langkah pembuatan bootable flashdisk dari backtrack 3 ini (artikel ini hanya membahas pembuatan dari operating system windows saja):

  1. download ISO dari backtrack3 dari pranala ini, atau jika anda telah mempunyainya lewati saja langkah ini.
  2. gunakan aplikasi yang dapat membuka file ISO dan me-mount nya sebagai CD, anda dapat menggunakan daemon tools (jika anda menggunakan sistim operasi windows) yang bisa anda dapatkan dari pranana ini, pilih yang sesuai dengan operating system anda.
  3. setelah ISO tersebut anda mount, kopikan seluruh isi dari ISO yang telah di mount tersebut ke dalam flashdisk anda. (format file system yang digunakan adalah FAT32)
  4. setelah semua file dikopi ke dalam flashdisk, masuk ke direktori “boot” pada flashdisk. Dan pastikan, sebelum anda melanjutkan langkah berikutnya, ANDA TELAH BERADA PADA DIREKTORI “boot” YANG BERADA DI FLASHDISK ANDA, karena proses ini akan membuat Master Boot Record pada Flashdisk anda. Jika anda berada pada mount ISO anda dan menjalankan langkah berikut ini maka anda kemungkinan besar akan menimpa MBR anda yang telah ada sebelumnya.
  5. setelah semua file dikopi ke dalam flashdisk, masuk ke direktori “boot” pada flashdisk, kemudian jalankan file “bootinst.bat”(bisa melalui console command prompt maupun doubleclick pada file tersebut)
  6. ikuti semua petunjuk yang ada.
  7. setelah itu, flashdisk siap digunakan untuk menjalankan backtrack 3 pada saat booting.
  8. reboot komputer anda, pastikan BIOS komputer anda mampu melakukan booting dari flashdisk. Kemudian saat memilih booting device, pilih flashdisk yang telah berisi dengan backtrack 3 ini.

Sekian. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

NB:

Penulis tidak bertanggung jawab atas kerusakan apapun yang terjadi karena kesalahan yang dilakukan oleh pembaca dalam mengikuti langkah-langkah di atas. Lakukan prosedur di atas dengan benar atau resiko ditanggung sendiri.

4 pemikiran pada “membuat backtrack3 bootable flashdisk melalui OS Ms. Windows

  1. @arie: maksud pertanyaan Anda bagaimana ya? kalau sepenangkap saya dari pertanyaan anda, untuk membuat bootable flashdisk dari backtrack ini memerlukan file ISO dari backtrack, yang saya gunakan pada proses pembuatan bootable flashdisk backtrack ini adalah file ISO CD backtrack3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s