Opera 10 Beta

Bismillah,

Kali ini saya akan membahas hal yang ga berhubungan dengan dengan dunia Operating System maupun konfigurasi-konfigurasi dan oprekan-oprekan berat lainnya. Yup, kali ini sesuai judul saya hanya akan membahas mengenai sebuah browser yang bernama Opera yang akan memasuki versi 10 nya (Sekarang versi 10 beta 1). Yah review ini saya lakukan paling tidak untuk melakukan tugas sebagai Opera Campus Crew (belum pernah mengadakan acara di kampus sih). Bagi teman-teman yang ingin mencoba browser Opera 10 Beta ini dapat mengunduhnya pada pranala ini, sedangkan untuk versi yang lama (yang stabil, versi 9.64) dapat diunduh melalui pranala ini. Browser ini gratis dan tersedia untuk Windows,Mac , maupun Linux.Langsung saja, apa sih sebenernya yang baru dari browser ini? Berikut beberapa fitur baru yang ada pada versi 10 beta 1 ini:

  • Turbo Mode.

    10beta1 turbo
    10beta1 turbo

    Ya, turbo mode. Sebuah mode dimana kita dapat melakukan browsing dengan kecepatan yang lebih kencang hingga 4,3 kali dari kecepatan biasanya. Dengan menggunakan kompresi data hal ini dapat dimungkinkan untuk terjadi, namun sayangnya dengan mode ini setelah saya coba gambar yang ada pada web kualitasnya menurun (karena dikompresi). Pada status standardnya mode ini dinon-aktifkan, mode ini dapat diatur untuk aktif secara manual ataupun otomatis. Yang jelas pada mode ini tidak bagus untuk melihat halaman-halaman dengan gambar beresolusi tinggi dan ketajaman tinggi. Karena memang fungsinya mempercepat di kala koneksi sedang buruk (menggunakan dial-up ataupun ketika menggunakan jaringan wireless yang padat pengguna).

  • Desain tab yang baru dengan ‘visual tab’ dan cukup ‘sleek’

    visual tabs
    visual tabs

    untuk bagian ini, komentar saya adalah: cukup keren sih, namun sayang sekali fitur ini mungkin akan tidak terlalu bagus untuk pengguna layar kecil seperti netbook ataupun laptop biasa dengan ukuran kecil, alasannya satu: cukup memakan tempat. Fitur ini memang merupakan pilihan, secara default navigasi masih menggunakan tab yang biasa untuk pertama kalinya, untuk mengaktifkan fitur visual tab ini pengguna hanya perlu melakukan drag pada bagian bawah tab dan menariknya ke bawah dan voila, muncul visual tab yang cukup indah ini.

  • Speed dial your way
    speeddial
    speeddial

    fitur ini memungkinkan kita mengubah konfigurasi dari speed dial di opera dari 4 hingga 25 speed dial, selain itu juga dapat dikonfigurasi latar belakang dari speed dial ini hingga memungkinkan pengguna merasa lebih nyaman.

  • 40% faster engine and cutting-edge web standard support
    40% faster
    40% faster

    Opera 10 ini menggunakan engine terbaru dari opera yang bernama Presto versi 2.2 yang telah dioptimasisasi untuk dapat lebih cepat pada halaman-halaman web yang memakan resource cukup banyak seperti facebook maupun gmail. Selain itu dengan tambahan, score Acid3 100/100, dukungan terhadap Web Font, warna RGBA/HSLA dan perbaikan pada SVG (Scalable Vector Graphic), Opera 10 siap untuk menghadapi aplikasi web generasi selanjutnya.

Yang jelas dari dulu browser Opera memang terkenal cukup cepat dan selalu mendukung Open Web Standard, terutama juga sebagai browser yang dapat digunakan hampir di berbagai macam perangkat elektronik (handphone, game console, komputer, maupun sistim tertanam lainnya). Sedangkan Opera untuk HP memang browser yang bagus menurut saya, karena tersedia versi javanya sehingga handphone tanpa OS seperti Symbian atau Windows pun masih dapat menjalankan Opera ini (masih belum ada firefox versi java atau chrome versi java untuk handphone sih :D).

Sekian sedikit review dari saya. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat membuka pranala ini.

*Posted using Opera 10 Beta 1*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s