masalah RAID controller Adaptec pada SuperMicro 5015B-T

bismillah,

pada postingan kali ini akan berbagi pengalaman tentang mesin server 1U merek SuperMicro dengan seri 5015B-T. mesin ini memiliki 2 RAID controller yang dapat dipilih melalui BIOS, yaitu menggunakan merek Adaptec atau menggunakan merek Intel. Berdasarkan baca-baca dari forum-forum, controller Adaptec lebih stabil. Namun, permasalahannya pada saat dicoba menginstallasi sistem operasi Windows Server 2008 SP 1 Enterprise Edition harddisk yang telah dibuat array RAID 1 dengan menggunakan controller adaptec ini tidak dapat dikenali. Menggunakan cd driver yang disediakan bersama servernya pun tidak cukup membantu dan harddisk tetap tidak dikenali.

Mencoba dengan cd installasi FreeBSD, ternyata RAIDnya terbaca. Mendengar dari senior, bahwa untuk digunakan pada sistem operasi windows RAID controller server supermicro satu ini memang memiliki sedikit masalah dan harus dilakukan konfigurasi tertentu dari BIOSnya.

Karena server ini harus menggunakan windows server sebagai sistem operasinya, maka googling pun dilakukan.Setelah membaca-baca forum dan artikel-artikel yang lain di internet akhirnya diputuskan untuk mencoba menggunakan controller buatan Intel dengan mengubah settingan controller pada BIOS. Setelah dibuild ulang  menjadi array RAID 1 dengan menggunakan controller Intel ini, alhamdulillah akhirnya harddisk RAID dapat dikenali dan proses installasi Windows Server 2008 SP 1 64 bit ini berlangsung secara normal.

Sekian postingan kali ini. semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s