Memulai Pengembangan Aplikasi Android

Bismillah,

Setelah lama tidak menulis di blog ini, insya Allah saya akan mencoba menulis mengenai pengembangan aplikasi Android. Saya sendiri masih belajar untuk mengembangkan aplikasi di Android. Sehingga selain sebagai catatan untuk diri saya sendiri, semoga juga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan.

Android Lollipop

Apa itu Android? Android merupakan sistem operasi (yang pada awalnya dikembangkan) untuk perangkat bergerak paling populer di dunia (saat tulisan ini dibuat) yang source code-nya terbuka dan dikembangkan oleh Google. Di laman resmi pengembang Android,berikut definisinya:

Android, the world’s most popular mobile platform

Android powers hundreds of millions of mobile devices in more than 190 countries around the world. It’s the largest installed base of any mobile platform and growing fast—every day another million users power up their Android devices for the first time and start looking for apps, games, and other digital content.

Android gives you a world-class platform for creating apps and games for Android users everywhere, as well as an open marketplace for distributing to them instantly.

Untuk sejarah Android, dapat dilihat di pranala ini.

Untuk pengembangan aplikasi Android, referensi utama adalah laman resmi pengembang Android yang dapat dilihat di tautan ini. Di laman resmi tersebut ada tiga pokok bahasan yang dapat kita baca:

Untuk masalah desain dan distribusi bisa dibaca sendiri di masing-masing tautan di atas. Saya tidak akan terlalu banyak membahas keduanya karena saya belum terlalu mengerti desain yang baik dan juga distribusi aplikasi di Android ini.

Di bahasan pengembangan aplikasi, terdapat beberapa sub-kategori:

Pada sub-kategori Latihan, kita dapat mengikuti langkah demi langkah pengembangan aplikasi Android dari awal hingga akhir. Petunjuk yang beragam dan cukup lengkap ini bisa menjadi langkah awal untuk memahami pengembangan aplikasi android. Banyak topik yang bisa dipelajari di laman Latihan semisal:

Jika di laman Latihan mengedepankan langkah demi langkah pengembangan aplikasi di Android, maka di laman Petunjuk API lebih ke arah pemahaman bagaimana API Android ini bekerja dan penggunaannya. API sendiri merupakan kependekan dari Application Program Interface. Pengertian API adalah sekumpulan routines, protokol, dan kakas untuk pengembangan aplikasi perangkat lunak (Sumber 1, Sumber 2). Untuk penjelasan lebih detail mengenai API bisa dicari sendiri di Google. Di sub-kategori Petunjuk API ini kita dapat mempelajari beberapa hal seperti:

Sub-kategori Referensi berisi tentang penjelasan kelas-kelas yang berada di API Android. Penjelasan secara ringkas apa yang dilakukan oleh kelas tersebut, method dan variabel yang dimiliki oleh kelas tersebut dan sebagainya.

Laman Kakas menjelaskan mengenai kakas yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android. Laman Layanan Google berisi tentang layanan-layanan Google yang dapat digunakan pada aplikasi Android semisal In-App Purchase, API lokasi, API peta, dan sebagainya. Sedangkan laman Contoh berisi source code contoh yang dapat langsung dikompilasi kemudian dijalankan di emulator maupun perangkat Android yang kita miliki.

Ada beberapa cara untuk mengembangkan aplikasi Android. Pengembangan aplikasi Android dapat menggunakan framework HTML5 dan JavaScript, menggunakan framework .NET / Mono, menggunakan API Android resmi dari pengembang sistem operasi Android, dan masih banyak lagi. Namun yang akan saya tulis di sini adalah pengembangan aplikasi Android menggunakan API Android dari tim pengembang sistem operasi Android.

Pengembangan aplikasi menggunakan API Android mengharuskan kita setidaknya memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman Java dan konsep pemrograman berorientasi objek. Jika membutuhkan sumber untuk belajar bahasa pemrograman Java ini bisa menilik pada laman latihan ini, latihan atau tutorial di internet yang jumlahnya sangat banyak (silakan googling sendiri), ataupun bisa juga mencari buku-buku yang membahas mengenai pemrograman dengan bahasa pemrograman Java di toko buku terdekat.

–Tambahan 18 Februari 2015–

Jika memiliki koneksi internet yang memadai dan waktu luang, untuk belajar bahasa pemrograman java dapat mengikuti kelas pemrograman java ini. Terdapat pula kelas pengembangan aplikasi Android di laman web tersebut. Terdapat dua jenis akses yang disediakan, jika hanya membutuhkan akses konten kelas tersebut cukup pilih pilihan “Access Course Materials” saja. Jika menginginkan sertifikat dari kelas dan dukungan lainnya, dapat mendaftar kelas tersebut dan membayar sebesar 199$ per bulan setelah 14-hari gratis mencoba.

–Akhir tambahan–

Sekian tulisan kali ini, insya Allah akan dilanjutkan kembali di tulisan lainnya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s